Rabu, 02 September 2020

Ayat Dan Surat Yang NIlai Pahala Membacanya Setara Setengah Al Quran

 Ayat Dan Surat Yang NIlai Pahala Membacanya Setara Setengah Al Quran

 

بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم

 

Sesungguhnya karunia Allah sangat luas. Dia telah memberi banyak karunia kepada ummat ini. Dia mengganti pendeknya usia dengan tambahan pahala atas amalan yang sedikit, berkenan mengampuni dosa-dosa orang yang memohon taubat dan melipat-gandakan pahala beberapa amalan tertentu, ada yang dilipat-gandakan 10 kali, 700 kali, bahkan ada amalan yang dijamin pelakunya langsung masuk surga. Dalam kaitannya dengan Al-Qur'an, Allah telah menyetarakan nilai pahala untuk ayat atau surat tertentu dengan pahala 1/2, 1/3 dan 1/4 pahala membaca Al-Qur'an.

Artikel ini disajikan untuk menambah wawasan keilmuan pembaca yang diharapkan dipraktekkan juga (diamalkan), disajikan dengan format tanya-jawab agar lebih mudah dipahami, insyaallah.

1. Surat yang Nilainya Sama Dengan Sepertiga Al-Qur'an

Tanya:

Surat apakah yang kedudukannya sama dengan sepertiga al-Qur'an ?

Jawab:

Al-Ikhlash. Dalam sebuah hadits Rasulullah saw. telah bersabda:

 

أَيَعْجِزُ أَحَدُكُمْ أَنْ يَقْرَأَ فِى لَيْلَةٍ ثُلُثَ الْقُرْآنِ ». قَالُوا وَكَيْفَ يَقْرَأُ ثُلُثَ الْقُرْآنِ قَالَ « (قُلْ هُوَ اللَّهُ أَحَدٌ) يَعْدِلُ ثُلُثَ الْقُرْآنِ

 

"Apakah salah seorang diantara kalian tidak mampu membaca sepertiga Al-Qur'an pada setiap malam ? Sesungguhnya barangsiapa membaca Qul huwallaahu ahad, Allaahush-shamad  pada suatu malam, berarti ia telah membaca pada malamnya itu sepertiga Al-Qur'an."

Dalam hadits lain, Rasulullah saw. juga bersabda:

"Qul huwallahu ahad itu sama dengan sepertiga al-Qur'an."

Beliau juga bersabda:

"Qul huwallaahu ahad itu sama dengan sepertinga Al-Qur'an dan Qul yaa Ayyuhal Kafirun itu sama dengan seperempat al-Qur'an"

Beliau juga bersabda:

"Barang siapa membaca Qul-huwallahu ahad, maka seakan-akan ia telah membaca sepertiga al-Qur'an."[Shahih al-Jami'ush Shaghir wa Ziyadutuh. Al-bani, 2663, 4404, 4405 dan 6473].

Keterangan:

Yang dimaksud Qul huwallahu ahad adalah Surat [112] Al-Ikhlas ayat 1-4, sementara yang dimaksud Qul yaa Ayyuhal Kafirun adalah surat [109] Al-Kafirun (1-6), yang redaksinya sebagai berikut:

 

قُلۡ هُوَ ٱللَّهُ أَحَدٌ ١

 ٱللَّهُ ٱلصَّمَدُ ٢

 لَمۡ يَلِدۡ وَلَمۡ يُولَدۡ ٣

 وَلَمۡ يَكُن لَّهُ ۥ ڪُفُوًا أَحَدٌ ٤

 

Katakanlah: "Dia-lah Allah, Yang Maha Esa, (1) Allah adalah Tuhan yang bergantung kepada-Nya segala sesuatu. (2) Dia tiada beranak dan tiada pula diperanakkan, (3) dan tidak ada seorangpun yang setara dengan Dia". (4)

 

قُلۡ يَـٰٓأَيُّہَا ٱلۡڪَـٰفِرُونَ ١

 لَآ أَعۡبُدُ مَا تَعۡبُدُونَ ٢

 وَلَآ أَنتُمۡ عَـٰبِدُونَ مَآ أَعۡبُدُ ٣

وَلَآ أَنَا۟ عَابِدٌ۬ مَّا عَبَدتُّمۡ ٤

 وَلَآ أَنتُمۡ عَـٰبِدُونَ مَآ أَعۡبُدُ ٥

 لَكُمۡ دِينُكُمۡ وَلِىَ دِينِ ٦

 

Katakanlah: "Hai orang-orang yang kafir, (1) aku tidak akan menyembah apa yang kamu sembah. (2) Dan kamu bukan penyembah Tuhan yang aku sembah. (3) Dan aku tidak pernah menjadi penyembah apa yang kamu sembah. (4) Dan kamu tidak pernah [pula] menjadi penyembah Tuhan yang aku sembah. (5) Untukmulah agamamu dan untukkulah agamaku". (6)

 

2. Surat Yang Nilainya Sama Dengan Setengah Al-Qur'an

Tanya:

Surat apa yang nilainya sama dengan setengah Al-Qur'an ?

Jawab:

Surat Al-Zalzalah. Sebagaimana sabda Rasulullah saw. yang diriwayatkan Imam Tirmidzi, dari Ibnu Abbas r.a., ia menceritakan bahwa Rasulullah saw. telah bersabda:

 

إِذَا زُلْزِلَتْ تَعْدِلُ نِصْفَ الْقُرْآنِ وَقُلْ هُوَ اللَّهُ أَحَدٌ تَعْدِلُ ثُلُثَ الْقُرْآنِ وَقُلْ يَا أَيُّهَا الْكَافِرُونَ تَعْدِلُ رُبُعَ الْقُرْآنِ

 

"Idzaa zulzilati itu sama dengan setengah Al-Qur'an, Qul huwallahu ahad sama dengan sepertiga Al-Qur'an dan Qul yaa Ayyuhal Kafirun sama dengan seperempat Al-Qur'an."[HR. Tirmidzi No.2819; Maushu'atu Fadha'ili Suwari wa Ayatil Qur'an, Thurhuni, 150].

Keterangan:

Al Zalzalah adalah surat ke -99 yang redaksinya berbunyI:

 

إِذَا زُلۡزِلَتِ ٱلۡأَرۡضُ زِلۡزَالَهَا ١

وَأَخۡرَجَتِ ٱلۡأَرۡضُ أَثۡقَالَهَا ٢

 وَقَالَ ٱلۡإِنسَـٰنُ مَا لَهَا ٣

 يَوۡمَٮِٕذٍ۬ تُحَدِّثُ أَخۡبَارَهَا ٤

بِأَنَّ رَبَّكَ أَوۡحَىٰ لَهَا ٥

 يَوۡمَٮِٕذٍ۬ يَصۡدُرُ ٱلنَّاسُ أَشۡتَاتً۬ا لِّيُرَوۡاْ أَعۡمَـٰلَهُمۡ ٦

فَمَن يَعۡمَلۡ مِثۡقَالَ ذَرَّةٍ خَيۡرً۬ا يَرَهُ ۥ ٧

 وَمَن يَعۡمَلۡ مِثۡقَالَ ذَرَّةٍ۬ شَرًّ۬ا يَرَهُ ۥ ٨

 

Apabila bumi digoncangkan dengan goncangannya [yang dahsyat], (1) dan bumi telah mengeluarkan beban-beban berat [yang dikandung]nya, (2) dan manusia bertanya: "Mengapa bumi [jadi begini]?", (3) pada hari itu bumi menceritakan beritanya, (4) karena sesungguhnya Tuhanmu telah memerintahkan [yang sedemikian itu] kepadanya. (5) Pada hari itu manusia keluar dari kuburnya dalam keadaan yang bermacam-macam, supaya diperlihatkan kepada mereka [balasan] pekerjaan mereka [1]. (6) Barangsiapa yang mengerjakan kebaikan seberat zarrahpun, niscaya dia akan melihat [balasan] nya. (7) Dan barangsiapa yang mengerjakan kejahatan seberat zarrahpun, niscaya dia akan melihat [balasan]nya pula. (8).

3. Surat Yang Nilainya Sama Dengan Seperempat Al-Qur'an

Tanya:

Ada satu surat di dalam Al-Qur'an yang oleh Rasulullah saw. dinilai sama dengan seperempat Al-Qur'an. Surat apakah yang dimaksud ?

Jawab:

Surat Al-Kafirun. Sebagaimana yang dijelaskan oleh Rasulullah saw. dalam sabdanya:

 

إِذَا زُلْزِلَتْ تَعْدِلُ نِصْفَ الْقُرْآنِ وَقُلْ هُوَ اللَّهُ أَحَدٌ تَعْدِلُ ثُلُثَ الْقُرْآنِ وَقُلْ يَا أَيُّهَا الْكَافِرُونَ تَعْدِلُ رُبُعَ الْقُرْآنِ

 

"Idzaa zulzilati itu sama dengan setengah Al-Qur'an, Qul huwallahu ahad sama dengan sepertiga Al-Qur'an dan Qul yaa Ayyuhal Kafirun sama dengan seperempat Al-Qur'an."[HR. Tirmidzi No.2819; Maushu'atu Fadha'ili Suwari wa Ayatil Qur'an, Thurhuni, 150].

Beliau juga bersabda:

"Qul huwallaahu ahad itu sama dengan sepertiga Al-Qur'an dan Qul yaa Ayyuhal Kafirun itu sama dengan seperempat al-Qur'an"[Silsilatul-Ahadits Ash-Shahihah, Albani, 586].

4. Ayat Yang Nilainya Menyamai Seribu Ayat

Tanya:

Ada ayat di dalam kitab Allah Ta'ala yang nilainya sama dengan seribu ayat, sebagaimana yang disebutkan Ibnu Katsir dalam tafsirnya, dan sebagaimana yang telah dijelaskan sebuah hadits. Apakah ayat tersebut ?

Jawab:

Yaitu ayat ke-3 surat Al-Hadid. Sebagaimana dijelaskan dalam sebuah hadits yang diriwayatkan Imam Ahmad, Abu Daud, Imam Tirmidzi dan Imam Nasa'i, dari Irbadh bin Sariyah, bahwa Rasulullah saw. pernah membaca musabbahat sebelum beliau tidur seraya berucap,  "Sesungguhnya di dalamnya terdapat satu ayat yang nilainya lebih baik daripada seribu ayat." Ibnu Katsir mengatakan, "Ayat yang dimaksud adalah firman Allah Ta'ala:

 

هُوَ ٱلۡأَوَّلُ وَٱلۡأَخِرُ وَٱلظَّـٰهِرُ وَٱلۡبَاطِنُ‌ۖ وَهُوَ بِكُلِّ شَىۡءٍ عَلِيمٌ

 

Dialah Yang Awal dan Yang Akhir, Yang Zhahir dan Yang Bathin; dan Dia Maha Mengetahui segala sesuatu. (3)

Sebarkan !!! insyaallah bermanfaat.

 

                    ﺳُﺒْﺤَﺎﻧَﻚَ ﺍﻟﻠَّﻬُﻢَّ ﻭَﺑِﺤَﻤْﺪِﻙَ ﺃَﺷْﻬَﺪُ ﺃَﻥْ ﻻَ ﺇِﻟﻪَ ﺇِﻻَّ ﺃَﻧْﺖَ ﺃَﺳْﺘَﻐْﻔِﺮُﻙَ ﻭَﺃَﺗُﻮْﺏُ ﺇِﻟَﻴْﻚ                

 

“Maha suci Engkau ya Allah, dan segala puji bagi-Mu. Aku bersaksi bahwa tiada Tuhan melainkan Engkau. Aku mohon ampun dan bertaubat kepada-Mu.”   

Sumber:

Buku Tanya Jawab Tentang Al-Qur'an hal.2, 9, 11 dan 34, Qasim Asyur, Penerbit: Pustaka Al-Kautsar.

http://www.jadipintar.com

 

 

0 komentar:

Posting Komentar