Senin, 12 Maret 2018

25 Manfaat dan Khasiat Leunca untuk Kesehatan


25 Manfaat dan Khasiat Leunca untuk Kesehatan

 Khasiat.co.id – Leunca atau yang biasa disebut juga sebagai Lenca adalah sayuran buah yang biasanya digunakan sebagai lalapan. Sayuran ini amat digemari oleh masyarakat, terutama kalangan orang tua. Meski rasanya pahit, namun jika dimakan mentan dicolek ke sambal rasanya memang sungguh luar biasa.

Penamaan Leunca nampaknya adalah penamaan oleh masyarakat Sunda. Sedangkan orang Jawa lebih biasa menyebut dan menulisnya sebagai Lenca. Namun semuanya sama, merujuk pada buah hijau bulat kecil yang biasanya selalu disajikan dalam sajian lalapan lele goreng atau yang lainnya.

Manfaat dan Khasiat Leunca

Manfaat Lenca untuk kesehatan ada banyak sekali, seperti yang sudah kami paparkan di bawah ini. Namun menurut kami, manfaat paling menonjol adalah bisa menangkal radikal bebas dan mencegah kanker. Sebab, rasa sayuran ini yang pahit kerap disebut-sebut bisa membuat seseorang jadi sehat terbebas dari 2 penyakit itu. Silahkan disimak baik-baik manfaat Leunca untuk kesehatan, yaitu:

1. Mengandung Protein

Kandungan protein tidak hanya didapatkan dari binatang. Tetapi tumbuhan juga mengandung protein yang baik untuk tubuh anda. Termasuk buah Leunca ini begitu baik untuk dimakan. Bisa membantu pembentukan sel dan otot anda supaya lebih besar dan kencang.

2. Menangkal Radikal Bebas

Sayuran Leunca ini juga memiliki khasiat bisa menangkal radikal bebas. Detoksifikasi racun atau radikal bebas memang menjadi fungsi yang utama dari buah Lenca ini. Maka anda tak perlu lagi ragu memakannya. Meski rasanya pahit, sungguh sesungguhnya memang sangat lezat sayuran ini.

3. Mencegah Kanker

Kanker bisa disembuhkan dengan jalan makan makanan yang bergizi. Konon Vitamin B17 adalah sebuah vitamin yang bisa untuk menyembuhkan kanker. Meski keberadaan vitamin ini masih simpang siur, namun banyak ditemukan dalam buah-buahan dan biji. Termasuk Leunca ini juga. Namun kandungan tertinggi B17 terdapat pada biji buah aprikot.

4. Mengurangi Kolesterol

Menghilangkan seutuhnya kolesterol tidaklah bisa, sebab zat ini tetap dibutuhkan tubuh. Kita hanya bisa mengontrol jumlahnya agar tidak kelebihan. Salah satu cara mengurangi kolesterol berlebih jelaslah dengan makan buah leunca.

5. Menurunkan Tekanan Darah

Tekanan darah tinggi bisa disembuhkan dengan makan sayur Leunca. Anda yang memiliki gangguan hipertensi wajib mencoba khasiat dari buah leunca ini. Yang memang begitu baik menurunkan tingkat tekanan darah anda sehingga berada di batas normal.

6. Membuat Jantung Jadi Sehat

Jantung anda pun akan jadi sehat, bilamana anda mau mengonsumsi sayuran ini. Buah Leunca begitu baik untuk kesehatan jantung anda. Membuat anda terbebas dari penyakit jantung koroner maupun gangguan katup jantung yang biasanya disebabkan karena rusaknya pembuluh darah arteri.

7. Mengatasi Osteoporosis

Osteoporosis pun bisa disembuhkan dengan memakan buah Lenca. Manfaat Leunca untuk kesehatan akan bisa memperkuat tulang anda. Supaya tidak mengalami rapuh dan pengapuran atau yang biasa dijuluki sebagai osteoporosis. Sungguh baik sekali memang sayuran ini.

8. Membuat Gigi Jadi Kuat

Jika anda ingin memiliki gigi yang kuat, tak ada salahnya mencoba manfaat dan khasiat dari sayur Leunca ini yang memang begitu baik untuk kesehatan tubuh anda. Silahkan buktikan sendiri. Gigi anda pun akan terpengaruh jadi kuat.

9. Manfaat Leunca untuk Menambah Hemoglobin

Untuk menambah HB atau Hemoglobin kita membutukan makanan yang kaya dengan zat besi, seperti sayuran leunca ini. Sungguh baik untuk menambah HB anda.

10. Mempercepat Penyembuhan Luka

Jika anda sedang terluka parah. Manfaat Leunca ini bisa untuk membantu percepat proses penyembuhan luka anda. Sehingga anda tak lagi merasa khawatir luka tak kering-kering.
Sekian yang dapat kami uraikan mengenai manfaat buah lenca untuk kesehatan. Di bawah ini sebenarnya masih banyak khasiat sayur leunca yang lainnya. Namun kami hanya akan menyebutkan saja.

15 Manfaat Lenca untuk Kesehatan yang Lainnya:

11. Mengurangi Produksi Asam Lambung

12. Menurunkan Kadar Gula Darah

13. Menyembuhkan Depresi

14. Mengatasi Hipotensi

15. Obat Hipertensi

16. Membesarkan Otot

17. Membuat Rambut Tidak Mudah Patah

18. Mencegah Sariawan

19. Menguatkan Sistem Imun

20. Mengatasi Gangguan Autoimun

21. Merangsang Pembentukan Sel Darah Merah

22. Membantu Kerja Sum-Sum Tulang Belakang

23. Melejitkan Kemampuan Otak

24. Membuat Suasana Hati Jadi Ceria

25. Mengatasi Bau Mulut

Sekian artikel ini kami tulis. Dengan maksud memberikan informasi seputar kesehatan di balik sayuran buah Leunca atau Lenca yang kerap dimakan sebagai lalapan. Semoga informasi ini berguna untuk anda. Terima kasih karena mau singgah membaca website kami. Tetap ikuti www.khasiat.co.id untuk membaca berbagai info kesehatan di balik sayur yang lainnya.



0 komentar:

Posting Komentar