Jumat, 02 Maret 2018

Cara Berbakti kepada Orangtua yang Sudah Meninggal


Cara Berbakti kepada Orangtua yang Sudah Meninggal

Doa dari anak shalih pada orangtuanya merupakan amalan yang pahalanya tak akan terputus untuk orangtuanya

KASIH uorangtua tidak akan pernah bisa dikalkulasi dengan materi apapun. Bahkan, pemberian materi terhadap orangtua ditambah dengan ribuan ucap terima kasih sekalipun tidak akan pernah bisa menggantikan kasih sayang yang pernah dicurahkannya kepada kita semua.

Sebelum seorang ibu mengandung, kedua orangtua sudah sangat menunggu-nunggu kabar bahagi akan hadirnya buah hati yang dititipkan Allah Subhanahu Wata’ala di janin seorang ibu.

Saat ibu sudah mengandung, mereka memilihkan gizi yang terbaik untuk calon buah hatinya, memberikan pendidikan sepanjang calon buah hati ada di kandungan, pun seorang ibu berusaha menahan diri dari setiap sakit yang dirasakan selama kehamilan hingga melahirkan. Setelah buah hati keluar, mereka tidak ada capeknya memberikan perhatian pada buah hatinya. Seorang bapak berusaha memberikan nafkah halal, ibu merawat dan berusaha memberikan apa yang dibutuhkan oleh sang anak. Terlalu susah untuk menyebutkan kasih sayang orangtua pada kita secara keseluruhan.

Selama orangtua masih ada, kita bisa sesukanya memberikan sesuatu kepada mereka, memberikan doa kebaikan kepada mereka, dan mencurahkan kasih saying serta perhatian kepada mereka, sebagaimana Allah pun mewajibkan kita berbakti kepada keduanya:

وَوَصَّيْنَا الْإِنسَانَ بِوَالِدَيْهِ حَمَلَتْهُ أُمُّهُ وَهْناً عَلَى وَهْنٍ وَفِصَالُهُ فِي عَامَيْنِ أَنِ اشْكُرْ لِي وَلِوَالِدَيْكَ إِلَيَّ الْمَصِيرُ

“Dan Kami perintahkan kepada manusia (berbuat baik) kepada dua orang ibu bapaknya; ibunya telah mengandungnya dalam keadaan lemah yang bertambah-tambah, dan menyapihnya dalam dua tahun. Bersyukurlah kepada-Ku dan kepada dua orang ibu bapakmu, hanya kepada-Kulah kembalimu.” (QS: Luqman [31]: 14).

Bagaimana jika kedua orangtua kita sudah tiada? Atau salah satu dari keduanya sudah meninggal?

Bakti seperti apa yang bisa kita berikan kepada mereka? Berikut adalah cara berbakti pada orangtua yang sudah tiada:

1. Berusaha menjadi anak shalih, taat kepada Allah dan RasulNya, karena doa dari anak shalih pada orangtuanya merupakan amalan yang pahalanya tak akan terputus untuk orangtuanya.

Sebagaimana hadist yang disampaikan oleh Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wassallam:

عن ‏ ‏أبي هريرة ‏ رضي الله عنه أن رسول الله ‏ ‏صلى الله عليه واله وسلم ‏ ‏قال: ‏ إذا مات الإنسان انقطع عنه عمله إلا من ثلاثة إلا من صدقة جارية أو علم ينتفع به أو ولد صالح يدعو له (صحيح مسلم)

“Jika anak Adam meninggal, maka amalnya terputus kecuali dari tiga perkara, sedekah jariyah (wakaf), ilmu yang bermanfaat, dan anak shalih yang bedoa kepadanya (ibu bapaknya).” (HR. Muslim).

2. Menshalati jenazahnya, memohonkan ampun untuk mereka, memenuhi janji mereka, dan menyambung hubungan dengan orang yang dicintai seperti kedua orangtuanya, sahabat karibnya, dan kerabat-kerabatnya.

Rasulullah bersabda:
“Sesungguhnya cara berbakti kepada orangtua yang paling baik yaitu seseorang menyambung hubungan dengan orang yang dicintai bapaknya setelah meninggal.” (HR. Muslim, At-Tirmidzi, dan Ibnu Majah).

Suatu saat datang seorang laki-laki dari golongan Anshar dan bertanya, “Wahai Rasulullah! Apakah masih ada perbuatan bakti yang harus aku perbuat kepada kedua orangtuaku setelah mereka meninggal?” Kemudian Nabi Shallallahu “alaihi Wassallam menjawab:
“Ya, ada empat perkara: menshalatinya dan memohonkan ampun kepada Allah untuk mereka, melaksanakan janji-janji mereka, memuliakan teman-teman mereka, dan menyambung tali kekeluargaan yang kamu tidak memiliki pertalian kecuali dari adanya pertalian itu, itu perbuatan bakti kepada mereka yang tersisa bagimu untuk kamu lakukan setelah mereka meninggal.” (HR. Ibnu Majah dan Ahmad).

Itulah beberapa cara kita berbakti kepada orangtua jika orangtua kita sudah meninggal. Semoga orangtua kita selalu berada dalam lindungan Allah Subhanahu Wata’ala selalu diberikan kebaikan olehNya, dan mendapat keberkahan hidup di dunia dengan kita memberikan bakti kepada mereka. Aamiin.*/Meyra Kris Hartanti, seorang bloger dan Ibu Rumah Tangga

Rep: Admin Hidcom
Editor: Cholis Akbar


0 komentar:

Posting Komentar