Rabu, 08 Februari 2023

3 Doa agar Diberi Kelancaran Rezeki

 3 Doa agar Diberi Kelancaran Rezeki

 

Jakarta - Rezeki bukan melulu perkara materi atau finansial. Rezeki dalam Islam juga memiliki dimensi yang luas. Rezeki dapat berarti diberikan nikmat sehat, keberkahan umur, mudah jodoh hingga terhindar dari segala marabahaya.

Doa agar dimudahkan rezekinya dapat dibaca saat hendak memulai hari ataupun dibaca setiap selesai sholat fardhu. Rezeki yang berlimpah dan berkah tentu menjadi dambaan setiap orang. Selain usaha, sebagai hamba Allah SWT kesuksesan juga harus diiringi dengan doa.

Irwan Kurniawan dalam bukunya Mengetuk Pintu Rezeki disebutkan ada dua macam rezeki yang diberikan kepada manusia. Pertama, rezeki lahiriah yang berkaitan dengan badan (berupa materi) seperti kesehatan. Kedua, rezeki batiniah yang berkaitan dengan hati seperti kebahagiaan dan pengetahuan.

Allah SWT berfirman dalam surat Saba ayat 36:

 

قُلْ إِنَّ رَبِّى يَبْسُطُ ٱلرِّزْقَ لِمَن يَشَآءُ وَيَقْدِرُ وَلَٰكِنَّ أَكْثَرَ ٱلنَّاسِ لَا يَعْلَمُونَ

 

Qul inna rabbī yabsuṭur-rizqa limay yasyā`u wa yaqdiru wa lākinna akṡaran-nāsi lā ya'lamụn

Artinya: Katakanlah: "Sesungguhnya Tuhanku melapangkan rezeki bagi siapa yang dikehendaki-Nya dan menyempitkan (bagi siapa yang dikehendaki-Nya). akan tetapi kebanyakan manusia tidak mengetahui".

Berikut beberapa doa agar diberikan kelancaran rezeki yang dilansir dalam buku Kumpulan Doa Mustajab Pembuka Pintu Rezeki oleh KH. Sulaeman Bin Muhammad Bahri:

1. Doa Diberi Kemudahan Mendapat Rezeki

 

Artinya: "Ya Allah, aku minta kepada-Mu akan pemberian rezeki yang halal, luas, baik tanpa repot, dan kemelaratan dan tanpa keberatan dan sesungguhnya Engkau maha atas segala sesuatu."

2. Doa Memohon Rezeki yang Halal dan Berkah

 

Artinya: "Ya Allah, berilah aku rezeki yang cukup dan baik, serta cegahlah diriku dari rezeki yang mencelakakan aku."

3. Doa Pembuka Rezeki dan Kekayaan

 

"Allahumma yaa ghaniyyu yaa mughnii aghninii ghinan abadan wa yaa 'aziizu yaa mu'izzu a'izzanii bi i'zaazi 'izzati qudratika wa yaa muyassiral umuuri yassirlii umuuraddunyaa wad diini ya khaira manyurjaa yaa allahu."

Artinya: "Ya Allah, Dzat yang Maha Kaya dan memberikan kekayaan berilah kekayaan kepadaku yang abadi. Wahai Dzat yang Maha Mulia yang memberikan kemuliaan, berilah kemuliaan kepadaku dengan kemuliaan kekuasaan-Mu. Wahai Dzat yang mempermudah semua urusan, berilah kemudahan kepadaku di dalam semua urusan dunia dan agama, wahai Dzat yang paling baik, ya Allah."

Ketiga doa rezeki di atas dapat dibaca setelah sholat fardhu, sholat hajat dan sholat tahajud sebanyak 3 kali.

 

https://www.detik.com

https://apps.detik.com

Lusiana Mustinda - detikHikmah

 

 

0 komentar:

Posting Komentar