Sabtu, 25 Februari 2023

KEUTAMAAN SURAT AL-FATIHAH YANG LUAR BIASA

KEUTAMAAN SURAT AL-FATIHAH YANG LUAR BIASA

 

www.rssyarifhidayatullah.com , Tangsel - Surat Al-Fatihah adalah surat yang paling mulia dalam Al Quran. Al-Fatihah merupakan surat yang pertama-tama diturunkan dengan lengkap diantara surat-surat yang ada dalam Al Quran. Surat ini disebut Al-Fatihah (Pembukaan), juga dinamakan Ummul Qur'an (Induk Al-Quran) atau Ummul Kitab (Induk Al-Kitab) karena dia merupakan induk dari semua isi Al-Quran.

Rumah Sakit Syarif Hidayatullah kembali mengadakan kegiatan pengajian rutin yang dilaksanakan setiap hari Kamis yang dilaksanakan di Ruang Aula Rumah Sakit Syarif Hidayatullah. Pengajian yang tujuannya menambah iman dan taqwa para pegawai ini menghadirkan Ustadz Abdullah Haidir sebagai penceramah.

Laki-laki yang mengenakan kopiah putih dan juga berlatarbelakang sebagai penulis buku "Isteri dan Puteri Rasulullah" itu memberikan ceramah tentang Keutamaan Surat Al-Fatihah yang Luar Biasa.

Ustadz Abdullah Haidir menyampaikan, dalam Surat Al-Fatihah terkandung doa yang paling bermanfaat. Syaikh Ibnu Taimiyah Rahimanullah pernah mengatakan "Saya renungkan doa yang paling bermanfaat adalah permintaan bantuan untuk menggapai keridhaan-Nya. Kemudian saya lihat ada pada surat Al-Fatihah pada ayat "Iyyakana'budu wa iyyaka nasta'in (hanya kepada-Mu kami beribadah dan hanya kepada-Mu kami memohon pertolongan)".

Selain itu, Surat Al-Fatihah juga memiliki keutamaan keutamaan yaitu:

·         Membaca Surat Al-Fatihah mendapat pahala sepereti membaca sepertiga Al Quran.

·         Orang yang membaca Surat Al-Fatihah seolah ia telah menyedekahkan emas di jalan Allah SWT.

·         Amalkan membaca Surat Al-Fatihah saat hendak tidur, diikutin dengan menbaca Surat Al-Ikhlas tiga kali, Surat Al-Falaq dan Surat An-Nas, Insya Allah akan aman tentram dan terjauh dari gangguan setan.

·         Amalkan membaca Surat Al-Fatihah sebanyak 20 kali sehabis solah fardhu, insya Allah akan memperoleh rezeki yang lancar, pangkat/derajat yang baik di sisi masyarakat, dan baik akhlaknya, dimudahkan dalam urusan hidupnya dan keluarga mendapatkan perlindungan Allah SWT.

Itulah beberapa hikmah, manfaat dan keutamaan dalam mengamalkan/membaca Surat Al-Fatihah. Para pegawai terlihat sangat antusias mengikuti kegiatan ini, terbukti dari banyaknya yang bertanya dalam sesi tanya jawab. Manajemen Rumah Sakit Syarif Hidayatullah berharap semoga dengan adanya pengajian rutin ini para pegawai lebih giat lagi untuk selalu mengamalkan atau membaca surat yang menjadi jantung Al Quran ini.

https://www.rssyarifhidayatullah.com

0 komentar:

Posting Komentar