Kamis, 16 Februari 2023

10 Keutamaan Membaca Shalawat Nabi

10 Keutamaan Membaca Shalawat Nabi

 

 Merdeka.com - Keutamaan membaca shalawat Nabi penting diketahui umat muslim. Selain doa, umat muslim juga dianjurkan memperbanyak amalan lain yang bermanfaat. Salah satunya adalah membaca shalawat Nabi Muhammad SAW.

Keutamaan membaca shalawat Nabi ada beragam. Salah satu keutamaan membaca shalawat Nabi bisa menghapuskan dosa. Amalan ini dapat dilakukan kapan saja, baik dibaca sebagai dzikir setelah sholat maupun dibaca kapan pun untuk mengisi waktu luang.

Membaca shalawat nabi juga dianjurkan di waktu-waktu tertentu, terutama di bulan Sya’ban, sebelum memasuki Ramadan. Terdapat berbagai keutamaan membaca shalawat nabi yang bisa Anda dapatkan.

Mulai dari meningkatkan derajat dan kebaikan, menghapuskan keburukan, hingga menambah pahala. Bukan hanya itu, keutamaan membaca shalawat nabi juga dapat memberikan ampunan dosa dan menjadi penghibur kelak di alam kubur.

Keutamaan Membaca Shalawat Nabi: Mendapatkan Shalawat dari Allah, Rasulullah, dan Malaikat

Mendapatkan balasan shalawat dari Allah

Keutamaan membaca shalawat nabi yang pertama yaitu akan mendapatkan balasan shalawat dari Allah. Dikatakan, bagi siapa saja yang membaca shalawat untuk Nabi Muhammad SAW, maka Allah akan membalas 10 kali shalawat untuknya. Ini pun disebutkan dengan jelas dalam sebuah hadist, di mana Rasulullah bersabda, “Siapa yang bershalawat untukku sekali, maka Allah swt bershalawat untuknya 10 kali.”

Mendapatkan sambutan shalawat dari Rasulullah

Manfaat keutamaan membaca shalawat nabi berikutnya yaitu akan mendapatkan sambutan shalawat dari Rasullullah. Setiap umat muslim yang bershalawat kepada Nabi Muhammad, maka beliau sendiri akan menyambut dengan bershalawat untuknya.

Bukan hanya itu, orang yang bershalawat untuk nabi juga akan dicatat sebagai 10 kebaikan. Dalam sebuah hadist riwayat Imam Thabrani dari Sahabat Anas bin Malik dikatakan, “Siapa yang bershalawat untukku maka shalawat itu akan sampai padaku dan aku akan bershalawat untuknya, dan baginya akan dicatat 10 kebaikan.”

Malaikat turut membaca shalawat

Bukan hanya Allah dan Rasulullah, Malaikat juga turut bershalawat pada orang-orang yang membaca shalawat nabi. Bahkan, para malaikat membalas dengan 70 kali bacaan shalawat nabi bagi siapa saja yang melakukan amalan ini.

Ini dijelaskan dalam hadist riwayat Imam Ahmad dari Abdullah bin Umar ra, Rasulullah SAW bersabda: “Siapa yang bershalawat untuk Nabi Muhammad saw sekali, maka Allah swt dan malaikatnya akan bershalawat untuknya 70 kali.”

Keutamaan Membaca Shalawat Nabi: Meningkatkan Derajat hingga Mendapatkan Ampunan Dosa

Meningkatkan derajat

Manfaat keutamaan membaca shalawat nabi selanjutnya yaitu dapat meningkatkan derajat. Dikatakan bahwa siapa saja yang membaca shalawat untuk Nabi Muhammad, maka akan diangkat derajatnya, ditambahkan kebaikan, serta dihapuskan keburukan baginya.

Dalam hadist riwayat Imam Thabrani, Imam An-Nasai, dan Imam Al-Bazzar dari Abu Burdah bin Nayar, Rasulullah bersabda, “Siapa yang bershalawat kepadaku dari umatku shalawat secara ikhlas dari hatinya, Allah swt akan bershalawat untuknya 10 kali shalawat, menaikkan derajatnya 10 kali, mencatat untuknya 10 kali kebaikan, dan menghapuskan untuknya 10 keburukan.”

Mendapatkan pahala

Mendapat pahala juga termasuk salah satu keutamaan membaca shalawat nabi yang bisa Anda dapatkan. Dalam hal ini, bagi siapa saja yang bershalawat maka akan mendapatkan pahala setara dengan membebaskan 10 budak dengan tulus karena Allah. Ini didasarkan dari hadist riwayat Ibnu Abi Ashim dari Al-Barra bin Azib ra, bahwa orang yang bershalawat akan mendapatkan ganjaran pahala dari Allah.

Mendapatkan ampunan dosa

Keutamaan bershalawat nabi berikutnya tak lain adalah diampuni dari dosa-dosa. Bukan hanya mendapatkan pahala kebaikan, Anda akan diampuni dari segala dosa oleh Allah jika membaca shawalat untuk Nabi Muhammad SAW.

Diriwayatkan oleh Ibnu Abi Ashim dan Al-Thabrani dari Abu Kahil, Rasulullah bersabda, “Wahai Abu Kahil, siapa yang bershalawat untukku saban hari tiga kali dan saban malam tiga kali karena cinta dan rindu kepadaku, sungguh Allah akan mengampuni dosa-dosanya pada malam dan hari itu.”

Keutamaan Membaca Shalawat Nabi: Menjadi Penghibur di Alam Kubur hingga Memberikan Keberkahan

Menjadi penghibur di alam kubur

Keutamaan membaca shalawat nabi juga dapat memohonkan ampun dari semua kesalahan dan akan menjadi penghibur di alam kubur kelak kemudian hari. Di mana hanya amal ibadah yang menjadi teman bagi setiap makhluk hidup yang telah mati dan dikubur. Maka sudah semestinya bagi seluruh umat muslim untuk memperbanyak amalan baik sebagai bekal di kehidupan akhirat nanti.

Mendapatkan syafaat Rasulullah

Membaca shalawat nabi juga dapat membantu Anda mendapatkan syafaat dari Rasulullah. Syafaat dalam hal ini adalah pertolongan.

Di mana, pada kehidupan akhirat nanti hanyalah orang-orang beriman yang akan mendapatkan pertolongan Rasulullah dari berbagai kesulitan yang harus dijalani di hari akhir. Maka dengan memperbanyak amalan shalawat nabi, Anda bisa mendapatkan pertolongan Rasulullah dengan lebih mudah.

Menghapuskan kefakiran

Keutamaan membaca shalawat nabi juga dapat menghapuskan kefakiran. Dikatakan, bagi siapa saja yang membaca shalawat nabi, maka Allah akan meniadakan kefakiran baginya dan memberikan limpahan kebaikan yang bermanfaat.

Meskipun termasuk amalan sunah, namun bacaan shalawat ini memberikan banyak sekali manfaat kebaikan selama hidup di dunia, bahkan kelak di akhirat.

Mengalirkan keberkahan

Manfaat keutamaan membaca shalawat Nabi Muhammad SAW yang terakhir namun tak kalah penting yaitu mengalirkan berkah. Umat muslim yang bershalawat untuk nabi maka akan termasuk golongan manusia yang paling utama di sisi-Nya. Bukan hanya itu, Allah juga akan mengalirkan keberkahan dan kebaikan bagi siapa saja yang bershalawat pada Rasul utusan Allah. Bahkan keberkahan tersebut akan terus mengalir hingga anak dan cucunya.

 

 [ayi]

Reporter : Ayu Isti

https://www.merdeka.com

 

 

0 komentar:

Posting Komentar