Selasa, 17 Januari 2023

3 Doa Pembuka Rezeki yang Dapat Diamalkan dalam Kehidupan Sehari-hari

3 Doa Pembuka Rezeki yang Dapat Diamalkan dalam Kehidupan Sehari-hari

 

Doa pembuka rezeki merupakan salah satu ikhtiar umat Islam untuk melancarkan rezeki dalam kehidupan.

Meskipun rezeki setiap orang memang telah diatur oleh Allah SWT, namun tentu kita juga perlu doa dan ikhtiar yang baik.

Berdoa sendiri juga menjadi tanda syukur atas nikmat Allah dan juga pengingat bahwa Allah Maha Baik.

Rezeki tidak hanya sebatas uang atau harta yang banyak, rezeki dalam hidup juga dapat berupa keluarga yang harmonis, anak saleh, teman yang baik, dan juga nikmat sehat.

Doa pembuka rezeki

Berikut adalah dua doa rezeki yang bisa kamu amalkan untuk mendapatkan rezeki dalam kehidupan sehari-hari.

1. Doa pembuka rezeki

 

اَللَّهُمَّ اِنِّيْ اَسْئَلُكَ اَنْ تَرْزُقَنِيْ رِزْقًا حَلَالًا وَاسِعًا طَيِّبًا مِنْ غَيْرِ تَعْبٍ وَلَا مَشَقَّةٍ وَلَا ضَيْرٍ وَلَا نَصَبٍ اِنَّكَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيْرٍ

 

Innaka 'ala kulli ta'bin wa laa masyaqqotin wa laa dhoirin wa laa nashobin rizqan halalan wasi'an thoyyiban min ghairin, allahumma innii as'aluka an-tarzuqani syai-in qadir.

Artinya: “Ya Allah, sesungguhnya aku memohon kepada-Mu agar melimpahkan rezeki kepadaku berupa rezeki yang halal, tanpa susah payah, tanpa memberatkan, tanpa membahayakan dan tanpa rasa lelah dalam memperolehnya. Sesungguhnya Engkau berkuasa atas segala sesuatu."

2. Doa pembuka rezeki Imam An-Nawawi

Berikut ini merupakan doa pembuka rezeki dalam riwayat Imam An-Nawawi dalam karyanya Al-Adzkarul Muntakhabah min Kalami Sayyidil Abrar.

 

بِسْمِ اللهِ عَلَى نَفْسِي وَمَالِي وَدِيْنِيْ. اَللَّهُمَّ رَضِّنِيْ بِقَضَائِكَ، وَبَارِكْ لِيْ فِيْمَا قُدِّرَ لِيْ حَتَّى لَا أُحِبَّ تَعْجِيْلَ مَا أَخَّرْتَ وَلَا تَأْخِيْرَ مَا عَجَّلْتَ

 

Bismillâhi ‘ala nafsî wa mâlî wa dînî. Allâhumma radhdhinî bi qadhâ’ika, wa bârik lî fîmâ quddira lî hattâ lâ uhibba ta‘jîla mâ akhkharta, wa lâ ta’khîra mâ ‘ajjalta.

Artinya: “Dengan nama Allah yang menguasai diri, harta, dan agamaku. Tuhanku, kondisikan batinku agar rela menerima ketentuan-Mu. Berkatilah aku pada semua yang ditakdirkan untukku sehingga aku enggan menyegerakan apa yang Kau tunda dan enggan menunda apa yang Kau segerakan.”

3. Doa pembuka rezeki ala Rasulullah SAW

Doa pembuka rezeki berikut ini diriwayatkan oleh Imam At-Tirmidzi.

 

اللَّهُمَّ اكْفِنِى بِحَلاَلِكَ عَنْ حَرَامِكَ وَأَغْنِنِى بِفَضْلِكَ عَمَّنْ سِوَاكَ

 

Allahumak-finii bi halaalika ‘an haroomik, wa agh-niniy bi fadhlika ‘amman siwaak.

Artinya: "Ya Allah cukupkanlah aku dengan yang halal dan jauhkanlah aku dari yang haram, dan cukupkanlah aku dengan karunia-Mu dari bergantung pada selain-Mu." (HR. Tirmidzi).

 

Penulis: Elok Nuri

Editor: Rizal Amril

https://narasi.tv

 

 

0 komentar:

Posting Komentar