Kamis, 02 Maret 2023

15 Manfaat dan Keutamaan Membaca Surat Al Fatihah

15 Manfaat dan Keutamaan Membaca Surat Al Fatihah

 

KABAR BANTEN - Surat Al Fatihah adalalah surat yang pertama dalam Alquran dan surat ini dinamakan Assabul Matsani yaitu tujuh yang berulang-ulang.

Karena jumlah ayatnya yang tujuh itu selalu dibaca berulang-ulang ketika dalam salat, surat Al Fatihah merupakan salah satu syarat sahnya salat.

Surat Al Fatihah adalah surat yang sudah tidak asing lagi bagi kita karena selalu dibaca ketika sedang salat namun masih banyak yang belum mengetahui mengenai manfaat dan keutaman dari memnacaca surat Al Fatihah.

Inilah 15 manfaat dan keutamaan membaca surat Al Fatihah yang dikutip Kabar Banten dari channel youtube BERKAH AMALIAH:

1. Surat yang paling agung

Siapa saja yang membaca dan mengamalkan surat Al- Fatihah ini akan mendapatkan pahala yang sangat besar disisi Allah.

2. Surat terbaik dalam Alquran

Dari Ibnu Jabir berkata: aku tiba ke Rasulullah SAW, sedang beliau mengalirkan air, lalu aku memberi salam kepada beliau "Asalamu alaika ya Rasulullah" sampai tiga kali tapi beliau tidak memjawab salamku, kemudian Rasulullah berjalan sedang aku berada dibelakangnya sampai dia masuk kerumahnya dan akupun masuk kedalam mesjid sambil duduk dalam keadaan bersedih.

Lalu keluarlah Rasulullah SAW, menemuiku sedang beliau telah bersuci seraya bersabda "Alaika salam warohmatullah" 3x, kemudian beliau bersabda: wahai Abdullah bin Jabir maukah ku kabarkan kepadamu tentang sebaik-baiknya surat dalam Alquran. Aku menjawab mau ya Rasulullah" lalu beliau bersabda "bacalah Al hamdulillahi robil alamin atau surat Al Fatihah sampai engkau menyelesaikannya sampai akhir (HR. Ahmad).

3. Diberikan kemudahan mengontrol hati dan pikiran

Barang siapa membaca surat Al Fatihah dalam keadaan bwrwudhu sebanyak 70 kali setiap hari selama 7 hari lalu ditiupkan dalam air suci dalam gelas kemudian diminum, maka ia akan memperoleh ilmu dan hikmah serta hatinya dibersihkan dari pikiran negatif, dan jika dibaca sebanyak 100 kali dalam sehari akan terjaga pikiran dan hatinya sehingga terhindar dari hal-hal yang membawa pada keburukan.

Dalam salah satu hadis diceritakan bahwa Rosulullah dengan izin Allah menyembuhkan orang yang menderita sakit jiwa, kala itu salah satu surat yang dibaca Rasulullah adalah surat Al Fatihah karena itu salah satu dari manfaat membaca dan mengamalkan surat Al Fatihah sebayak 100 kali insaAllah akan diberi kemudahan dalam menjaga kebaikan serta kesehatan akal, hati dan pikiran.

4. Sebagai perlindungan

Jika surat Al Fatihah ini dibaca ketika hendak tidur dilanjutkan membaca surat Al Ikhlas sebanyak 3 kali serta Al Falaq dan Annas maka akan aman dari segala hal kecuali kematian.

5. Mewujudkan segala hajat

Jika kita mempunyai hajat atau maksud yang belum tercapai maka bacalah surat Al Fatihah sebanyak 41 kali diantara salat sunah subuh dan salat fardu subuh selama 40 hari tidak kurang tidak lebih dan setelah 40 hari berdoalah kepada Allah agar segala hajat kita dikabulkan oleh Allah SWT.

6. Meninggikan derajat dan melunaskan hutang

Siapa saja yang membaca surat Al Fatihah beserta bismilah diantara salat sunat subuh dan salat fardu dengan istiqomah insaAllah Allah akan meninggikan derajatnya dan mengabulkan permohonannya, jika miskin maka Allah akan luaskan rezekinya, jika punya hutang maka akan mampu membayarnya.

7. Meluaskan rezeki dan memberi keberkahan

Barangsiapa yang mengamalkan surat Al Fatihah sebantak 20 kali setiap selesai salat 5 waktu maka Allah akan meluaskan rezekinya dan menjadikan baik akhlaknya dan memudahkan segala urusannya dan menghilangkan kesusahannya.

8. Mewujudkan apa yang diimpikannya

Barang siapa yang mengamalkan surat Al Fatihah sebanyak 125 kali setelah salat subuh, maka Allah akan mengabulkan hajatnya dan apa yang diimpikannya.

Setelah membaca surat Al Fatihah sebanyak 125 kali lalu berdoalah dengan kalimat ini "ya Allah sesungguhnya aku memohon kepadamu dengan kebenaran surat Al Fatihah dan rahasianya supaya dimudahkan bagiku semua urusan dunia maupun urusan akherat semoga permintaan dan keinginan ku dikabulkan".

9. Pembuka pintu rezeki

Barangsiapa yang membaca surat Al Fatihah ini disepertiga malam akhir sebanyak 41 kali maka Allah akan membukakan pintu rezeki dan akan memudahkan segala urusannya.

10. Dikabulkan hajat yang baik

Jika kita senatiasa membaca surat Al Fatihah sebanyak 100 kali setiap hari insya Allah hajat-hajat yang baik akan dikabulkan Allah SWT.

Dari syekh Muhyidin Ibnul Arabi didalam kitab Qaddasallaahusirrahu dijelaskan" siapa saja yang mempunyai maksud(hajat) maka sebaiknya ia membaca surat Al Fatihah sebanyak 40 kali sehabis salat magrib dan sunahnya, setelah itu panjatkan doa permohonan hajatnya kepada Allah SWT".

11. Bisa mengobati penyakit

Setiap rasa sakit yang dirasakan oleh manusia sejatinya itu dari Allah, untuk menguji seberapa besar keimanan dan kesabaran hambanya.

Maka selain berusaha secara medis semaksimal mungkin kita juga bisa memohon kesembuhan kepada Allah lewat keberkahan surat Al Fatihah yang dikenal sebagai surat penyembuh atau ayat ruqi'ah.

Adapun cara mengamalkannya yaitu baca surat Al Fatihah sebanyak 100 kali, setiap hari dengan istiqomah insya Allah kita akan mendapatkan kesembuhan.

Dan dengan membaca surat Al Fatihah sebanyak 41 kali, lalu ditiupkan ke air yang telah dusiapkan lalu air tersebut diminum dan diusapkan keseluruh tubuh insyaAllah mampu untuk mengobati penyakit mata, sakit perut, dan lainya.

12. Menghilangkan sifat pelupa

Tulislah surat Al Fatihah ini dengan huruf arab pada wadah, kertas, atau kain yang berwarna putih yang suci, lalu setelah itu hapuskan dengan air, dan airnya diminum insya Allah akan terhidar dari sifat pelupa.

13. Mengobati sengatan kala jengking atau penawar bisa

Jika kita disengat kalajengking maka pertolongan pertama bacakan surat Al Fatihah, caranya ambil sebuah wadah yang berisi air lalu beri sedikit garam setelah itu bacakan surat Al Fatihah sebanyak 7 kali lalu diminum, insya Allah akan cepat sembuh.

Dalam hadist sohih yang diriwayatkan oleh Al Bukhari mengatakan bahwa surat Al Fatihah ini mampu menjadi penawar bisa dan sengatan, caranya dengan membacakan surat Al Fatihah lalu meniupkan yang terkena sengatan dengan sedikit ludahnya pada bagian yang terkena sengatan.

14. Mengobati sakit gigi untuk diri sendiri dan orang lain

Caranya letakkan jari pada gigi atau tempat yang sakit lalu bacakan surat Al Fatihah lalu berdoa 7 kali dengan kalimat ini "Ya Allah hilangkan dari pada keburukan dan kekejian yang aku dapati dengan dia Nabi mu yang jujur dan tetap disisi Mu".

Dan untuk mengobati orang lain kalimatnya seperti ini "Ya Allah hilangkanlah dari pada (orang ini) keburukan dan kekejian yang didapati dengan dia Nabi Mu yang jujur dan tetap disisimu", atau bisa dengan membaca doa seperti ini "A'uudzu billaahi waqudrotihi min syarrimaa ajidu wa'uhadiru yang artinya: aku berlindung kepada Allah dan kekuasaan Nya,dari keburukan yang sedang aku rasakan dan yang aku hawatirkan".

15. Menyembuhkan penyakit mata

Nabi Muhammad SAW bersabda "barang siapa yang ingin menyembuhkan kelemahan pandangan ( kabur atau rabun) maka hendaklah memandang bulan pada awal bulan, jika tidak kehilangan atau terhalang oleh awan maka lakukan pada malam kedua, dan jika belum terlihat juga lakukan pada hari berikutnya hingga bulan nampak jelas apabila sudah kelihatan hendaklah ia menyapukan tangan kanannya kemata dengan membaca surat Al Fatihah sebanyak 10 kali.

Lalu baca doa ini sebanyak 7 kali "Al Fatihah fawaa' un likulli daa'in birohmatika yaa arhamarroohimiin" yang artinya Al- Fatihah itu menjadi obat tiap-tiap penyakit dengan rahmat Mu ya Allah yang maha pengasih dan penyayang".

Lalu ucapkanlah "ya robbi" sebanyak 5 kali yang terahir ucapkanlah doa ini " Allahummasysyaafi antasysyaafi wa'aafi anta l' aafi" yang artinya ya Allah sembuhkanlah, engkau yang maha penyembuh, ya Allah sehatkanlah engkau lah yang menyehatkan".

Itulah doa untuk menyembuhkan mata rabun yang diajarkan oleh Nabi Muhammad SAW, bahkan diterangkan dalam kitab Fathul Bari ( sarah sahih Bukhari), semua jenis penyakit bisa disembuhkan dengan membacakan surat Al Fatihah.

Itulah 15 manfaat dan keutamaan membaca surat Al- Fatihah yang dikutip Kabar Banten dari channel youtube BERKAH AMALIAH.***

 

Editor: Kasiridho

Didin Muhtadin

https://kabarbanten.pikiran-rakyat.com

 

0 komentar:

Posting Komentar