Kamis, 02 Maret 2023

Menilik 5 Keistimewaan dan Keutamaan Surat Al Fatihah

 Menilik 5 Keistimewaan dan Keutamaan Surat Al Fatihah

 

Suara.com - Surat Al Fatihah adalah surat pembuka dalam Al Quran, yang memiliki arti pembukaan. Surat yang terdiri dari 7 ayat ini tergolong surat Makiyyah, yang berarti surat ini diturunkan sebelum Rasulullan hijrah ke Madinah. Apa saja keutamaan surat Al Fatihaha?

Al Fatihah sendiri sebenarnya memiliki banyak nama lain, di antaranya adalah Ummul-Kitab, Ummul-Quran, as-Sab'ul Matsani, Asy-Syifa, atau Ar-Ruqyah. Ingin tahu, apa saja keutamaan Surat Al Fatihah? Dilansir dari laman alirsyad.or.id, berikut ini 5 keutamaan Surat Al Fatihah yang perlu dipahami:

1. Surat yang Mulia

Keutamaan Surat Al Fatihah yang pertama adalah Surat Al Fatihah itu merupakan surat yang mulia. Sebagaimana dalam Hadits Riwayat Bukhari disebutkan bahwa, Rasulullah SAW bersabda: “Alhamdulillah rabbil ‘alamin, adalah tujuh surat terbesar yang berisi pujian dan terus diulang, intisari dari Al Quran yang mulia yang diturunkan kepadaku”. Dan dijelaskan pula dalam Hadits Riwayat An-Nasaai bahwa, Rasulullah SAW bersabda: “Maukah engkau aku beritahu tentang ayat Al Quran yang paling mulia, maka beliau membaca surat Al Fatihah”.

2. Merupakan 1 dari 2 Cahaya

Surat Al Fatihah merupakan 1 dari 2 cahaya. “Bergembiralah dengan dua cahaya yang diberikan kepadamu, yang tidak diberikan kepada Nabi sebelummu, yaitu surat Al Fatihah dan dua ayat penutup surat Al Baqarah",  (HR. Muslim)

3. Syarat Sah Sholat

Tidak sah sholat seorang hamba tanpa membaca Surat Al Fatihah. Hal tersebut telah dijelaskan di dalam Hadits Riwayat Muslim: “Tidak sah shalatnya seseorang yang tidak membaca Al Fatihah".

4. Dapat Digunakan untuk Ruqyah

Surat yang dapat digunakan untuk mengruqyah adalah Surat Al Fatihah. “Wahai Rasulullah, demi Allah aku tidak meruqyahnya kecuali dengan Surat Al Fatihah, Rasulullah tersenyum dan berkata: “Bagaimana engkau tahu, bahwa Al Fatihah bisa untuk ruqyah? kemudian Rasulullah berkata: “Ambillah upahmu, dan berikan aku bagian dari upah itu", (HR. Muslim).

5. Dikabulkan Hajat

Atha’ bin al yasar berkata: “Jika engkau mempunyai kebutuhaan, maka bacalah surat Al-Fatihah sampai selesai, maka kebutuhanmu akan terpenuhi”. “Maka ini adalah untuk hamba-Ku, bagi hamba-Ku apapun yang dia minta”.

Mengamalkan Surat Al Fatihah juga dapat melapangkan dan membuka pintu rezeki. Membaca Surat Al Fatihan sebanyak 20 kali niscaya Allah SWT akan membukaan pintu rezeki bagi hamba-Nya.

Selain itu, mengamalkan Surat Al Fatihah diikuti dengan Surat Al Falaq dan An Naas juga dapat memberikan perlindungan bagi pembacanya. Amalan ini sangat disarankan untuk dilakukan sebelum tidur sehingga tidak ada godaan setan saat beristirahat.

Itulah keutamaan surat Al Fatihah yang perlu diketahui. Semoga bermanfaat!

 

Kontributor : Rishna Maulina Pratama

Chyntia Sami Bhayangkara

https://www.suara.com

 

0 komentar:

Posting Komentar